Minggu, 23 Juni 2013

Ice Cream

Resep dan Cara Membuat Ice Cream Coklat. Ice Cream adalah salah satu makanan yang sangat digemari hampir di seluruh lapisan masyarakat baik itu anak-anak, dewasa maupun orang tua sekalipun, maka tidak heran jika makanan ini sering hadir pada acara-acara besar seperti contohnya acara pernikahan, ulang tahun, atau hidangan pelengkap saat untuk berbuka puasa di bulan Ramadhan dan perayaan di hari besar lainnya. ice cream ini pada dasarnya berbahan dasar dairy atau krim yang sering diikut sertakan biasanya di campur susu atau coklat dan pemanis serta perasa lainnya. Di berbagai negara di dunia, biasanya ice cream dijadikan sebagai dessert atau hidangan pencuci mulut, Sedangkan di Indonesia sendiri, ice cream ini sangat cocok dinikmati pas musim panas karena faktor iklim indonesia yang tropis.



Bagi pembaca yang hobi menikmati ice cream dan ingin mengetahui serta mencoba sendiri membuat ice cream di rumah, anda dapat menyimak dengan baik cara berikut dan langsung praktek, pada artikel ini kita akan membahas resep ice cream coklat.

Bahan :
- 3oo ml susu cair full cream
- 600 ml krim kental (whipped cream dairy cair)
- 175 gram gula pasir
- 6 kuning telur
- 1/2 sendok teh essense vanili
-  250 gram dark cooking chocolate, cincang kasar
- 30 gram coklat bubuk

Cara Membuat ice cream coklat:
Pertama-tama yang harus kita lakukan adalah memanaskan susu cair dan essense vanili kedalam sebuah panci dengan ukuran api yang kecil, setelah itu ambil 50 ml susu untuk dicampur dengan coklat bubuk bukan coklat cair ya, terus aduk sampai coklat bubuknya larut. berikut tuangkan ke dalam panci susu tadi, kemudian masak dengan cara sambil diaduk-aduk hingga mendidih, dan angkat jika selesai.
    Siapkan telur kemudian ambil kuning telurnya saja dan Kocok bersama gula pasir dengan mixer kecepatan tinggi selama 3 menit hingga mengental dan berwarna pucat.
    Masukkan coklat bubuk yang kita aduk bersama susu pada tahap awal tadi ke dalam kocokan kuning telur yang telah mengental, dan aduk dengan spatula hingga rata, stelah itu masukkan kembali campuran trsebut kdalam panci bekas merebus susu. Panaskan diatas api kecil selama 3-4 menit hingga adonan mngental.
    Masak krim kental dlam panci dengan api kecil, ketika muncul gelembung-gelembung kecil masukkan dark cooking chocolate cincang. Angkat panci lalu aduk h1ngga seluruh coklat meleleh dan adonan terlihat licin.
    Kmudian masukan adonan susu-telur ke dalam adonan krim-coklat, lalu aduk hingga rata dan biarkan hingga dingin. Setelah itu masukkan adonan ke dalam freezer kira-kira 3 jam, lalu keluarkan dan kock dengan mixer hingga lembut selama 5 menit.
    Proses ini diulangi hingga 3-4 kali sehingga adonan menjadi lembut. Setelah itu ice cream di masukkan ke dalam freezer dan tunggu hingga membeku dan ice cream siap untuk dihidangkan. dan jgn lupa jika ice cream masih tersisa dan tidak habis dimakan, maka segeralah masukkan kembali di freezer agar kondisi ice cream tetap beku tidak meleleh.
Selamat mencoba, semoga bermanfaat mudah dimengerti resep dan cara membuat ice cream coklat, nantikan resep ice cream lainnya dengan rasa yang berbeda di artikel selanjutnya.

sumber : http://www.werkudoro.com/2013/06/resep-cara-membuat-ice-cream-coklat.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar