Minggu, 23 Juni 2013

Mie Ayam Sehat

Mie bagi sebagian masyarakat Indonesia adalah termasuk makanan yang kedua atau alternatif selain nasi, maka tidak ada salahnya bagi anda yang ingin merasakan rasa menu yang berbeda dari makan nasi biasanya bisa mencoba membuat mie sendiri dirumah dengan olahan yang sehat seperti contohnya Mie Hijau, mengapa dikatakan mie hijau karena mie ini dibuat dengan dipadu dengan sawi sehingga warna dari mie tersebut menjadi hijau.




Mie Hijau sangat baik bagi anak anda yang tidak suka makan sayuran, tapi dengan cara dipadu dengan mie menjadi rasa dari kandungan sayur nya menjadi satu dengan mie sehingga lebih enak dan si anak pun melihat jadi tertarik dan berselera, baik juga untuk yang sedang vegetarian.

Resep Mie Hijau
Bahan-Bahan
- 1 Kg Tepung Terigu
- 5 butir telur ayam
- Minyak sayur secukupnya
- Garam secukupnya
- Sawi yang telah menjadi sari

Cara membuat Mie Hijau

Setelah semua bahan sudah siap untuk dibuat adonan mie. Masukkan tepung terigu dan telur satu persatu hingga tercampur rata. Setelah tercampur masukan garam dan sari sawi dan minyak sayur secukupnya. Buat adonan hingga kalis agar siap dibentuk menjadi mie. Sebelum adonan digiling, diamkan adonan selama 15 menit agar adonan tidak mudah putus (kenyal).
Kemudian Roll beberapa kali pada ukuran yang sama sampai adonan membentuk lembaran yang terlihat halus dan berwarna rata. Istirahatkan kembali adonan selama 15 menit. Setelah itu baru adonan ditipiskan sesuai dengan ketebalan yang diinginkan dan dipotong. Masukkan hasil mie yang telah digiling ke dalam plastik, agar warna tidak cepat berubah. .

Setalah mie selesai digiling selanjutnya mie akan di rebus, dalam perebusan sebaiknya menggunakan air bersih agar tetap terjaga kebersihannya. untuk membuat mie dengan tepung terigu berprotein rendah rebus antar 5 hingga 10 menit.
Tips membuat mie supaya kenyal dan enak :
  • Mie harus dibuat dengan menggunakan tepung terigu bergluten tinggi dengan tingkat protein lebih dari 12 % sehingga mie yang dihasilkan elastis dan tidak gampang putus.
  • Selain tepung terigu bergluten tinggi, juga diperlukan tambahan air, garam serta air khi. Air khi terbuat dari air abu tetapi beraroma khas dan membuat mie tidak gampang putus.
  • Uleni mie hingga kalis, artinya adonan tersebut tidak putus saat ditarik dan terasa elastis.
  • Telur juga dapat ditambahkan ke dalam adonan mie sehingga citarasa mie menjadi lebih gurih dan warnanya menjadi lebih kuning.
  • Tutup selalu adonan mie dengan plastik atau lap lembab supaya mie tidak kering dan putus saat digiling.
  • Cetak mie menggunakan alat penggiling mie, taburi terlebih dahulu seluruh permukaan mie dengan tepung kanji/tepung terigu/tepung maizena sehingga mie tidak lengket.
  • Mie dapat diolah menjadi beragam sajian dengan cara direbus atau digoreng. Untuk mie basah, cuci dahulu dengan air panas supaya mienyak menghilang. Sedangkan untuk mie kering, rendam atau rebus dalam air panas hingga lunak.
Resep Membuat Kuah Mie
Bahan-bahan :
- Air bersih 50 - 100 Liter
- Garam secukupnya
- Bumbu Penyedap rasa sapi
- Daging sapi secukupnya
- Pentol Bakso yang jadi

Agar mie terlihat lebih menarik dan enak kita akan membuat kuah Mie dengan cara siapkan 50 hingga 100 liter air bersih ke dalam panci. Masukan garam, bumbu penyedap rasa sapi masak hingga mendidih. Tambahkan daging sapi secukupnya agar lebih terasa kaldu sapi. Untuk pentol bakso, bisa membeli pentol bakso yang sudah siap jadi bisa juga dengan menambahkan beberapa potong daun sawi. setelah selesai kuah nya anda bisa langsung memasukkan kuahnya langsung ke mie yang sudah direbus dan siap untuk dihidangkan dan disantap selagi hangat.
Semoga Resep Mie Hijau dan cara membuat mie hijau ini bermanfaat dan dapat dipraktekkan dengan mudah di rumah anda, terima kasih.. sampai ketemu di resep masakan kuliner selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar